Pengajuan Judul Skripsi

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Bantul - DI Yogyakarta

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Metode Mind Mapping Pada Materi جمع القرآن الكريم وتدوينه (Pembukuan Alquran dan Penulisannya) Pada Mata Pelajaran Ulumut Tafsir Kelas 11 Agama 4 MA BinBaz Putri yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Peneliti: Najwa Aulia Izzatul Muqoyyamah
NIM: 211.371.016
Tema: Materi Qur’an Hadist di Madrasah/Pesantren

Variabel/Fokus Penelitian:

Rumusan Masalah:

Tujuan Penelitian:

Mendalami satu atau beberapa fenomona kehidupan

Metode Penelitian:

Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif

Latar Belakang:

Pendidikan Islam didefinisikan sebagai upaya untuk membangun dan menginspirasi para pelajar agar memahami ajaran Islam secara menyeluruh sehingga dapat dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan Islam sebagai landasan pandangan hidup.

Pembelajaran di kelas dapat berjalan efektif, jika seorang guru dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat. Metode adalah cara yang digunakan guru di dalam mengajar sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

Metode pembelajaran yang digunakan guru diharapkan mampu membuat siswa tertarik untuk belajar sehingga mempunyai hasil belajar yang baik dan kreativitas belajar yang terasa. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar adalah metode mind mapping. Dengan menggunakan metode ini siswa dapat belajar sesuai alur berpikirnya sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan cenderung berpikir kreatif dengan begitu siswa akan memperoleh kreativitas belajar yang meningkat.

 “There is no end to education. It is not that you read a book, pass an examination, and finish with education. The whole of life, from the moment you are born to the moment you die, is a process of learning.”

Alamat Kami:

Jl. Karang Gayam, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

©2019. Prodi PAI STIT Madani. All Rights Reserved.