Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Bantul - DI Yogyakarta
Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan moral siswa, terutama di tingkat sekolah dasar. Di era modern ini, tantangan dalam dunia pendidikan semakin kompleks, termasuk dalam menyampaikan materi yang dapat membentuk kepribadian siswa secara holistik. Metode pembelajaran tradisional yang berfokus pada transfer pengetahuan semata sering kali kurang mampu menggugah minat belajar siswa dan mengembangkan potensi penuh mereka, oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang mampu menjawab kebutuhan siswa tidak hanya dalam aspek kognitif, tetapi juga dalam aspek afektif dan psikomotorik.
Pendekatan humanistik hadir sebagai salah satu solusi alternatif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih manusiawi dan berpusat pada siswa. Teori ini, yang dipelopori oleh tokoh-tokoh seperti Carl Rogers dan Abraham maslow, menekankan pentingnya lingkungan belajar yang mendukung perkembangan emosional dan psikologis siswa. Pendekatan ini mendorong pembelajaran yang partisipatif dan memupuk rasa percaya diri serta tanggung jawab siswa terhadap proses belajarnya sendiri.
Di SD IT Al-Amin, pendidikan PAI menjadi pilar utama dalam mencetak siswa yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang kuat. Namun, dalam pelaksanaannya, diperlukan upaya inovatif untuk menjadikan pembelajaran PAI lebih bermakna dan menyentuh aspek afektif siswa. Pendekatan humanistik diharapkan mampu menjembatani kebutuhan ini dengan menghadirkan proses belajar yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan potensi siswa secara meluruh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi bagaimana penerapan pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI di SD IT Al-Amin. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diketahui sejauh mana pendekatan tersebut dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, mendorong partisipasi aktif siswa, serta membantu mereka dalam menginternalisasi nilai-nilai keagamaan secara lebih mendalam.
Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai manfaat, tantangan, dan implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI, serta bagaimana pendekatan ini dapat diadaptasi oleh sekolah-sekolah lainya yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran agama di tingkat sekolah dasar.
Latar belakang ini memberikan konteks mengapa pendekatan humanistik relevan dan dibutuhkan dalam pembelajaran PAI, serta alasan dipilihnya SD IT Al-amin sebagai subjek penelitian.
Jl. Karang Gayam, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
©2019. Prodi PAI STIT Madani. All Rights Reserved.
Jl. Karang Gayam, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
©2019. Prodi PAI STIT Madani. All Rights Reserved.