Pengajuan Judul Skripsi

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Bantul - DI Yogyakarta

Peran Metode Pakistani dalam Hafalan Al quran Siswa Kelas 7 Salafiyah Wustho Islamic Center Binbaz

Peneliti: Jawad Musyaffa’ Abdurrahman
NIM: 211371024
Tema: Materi Qur’an Hadist di Madrasah/Pesantren

Variabel/Fokus Penelitian:

Rumusan Masalah:

Tujuan Penelitian:

Mengidentifikasi masalah, mengambil tindakan, dan mengevaluasi hasilnya dalam konteks pembelajaran

Metode Penelitian:

Kualitatif Deskrptif

Latar Belakang:

Kelas 7 Salafiyah Wustho di Islamic Center Bin Baz terdiri dari para santri yang baru pertama kali diperkenalkan dengan metode Pakistani dalam menghafal Al-Qur’an. Metode Pakistani dikenal sebagai salah satu pendekatan yang menekankan pada pengulangan yang intensif dan sistematis, dengan fokus pada penguatan hafalan melalui teknik khusus yang dirancang untuk memaksimalkan daya ingat. Bagi para santri yang baru pertama kali menggunakan metode ini, tentu diperlukan adaptasi, baik dari segi cara belajar maupun dari segi pengelolaan waktu untuk mencapai hasil yang optimal.

Penggunaan metode Pakistani diharapkan dapat membantu para santri dalam menghafal Al-Qur’an dengan lebih mudah dan kuat. Salah satu keunggulan metode ini adalah struktur yang memberikan kesempatan bagi santri untuk mengulang hafalan secara berkala, sehingga hafalan tidak hanya cepat dicapai, tetapi juga lebih kokoh tertanam dalam ingatan. Namun, keberhasilan metode ini tentunya bergantung pada seberapa baik santri mampu menyesuaikan diri dengan pola belajar yang baru dan konsistensi mereka dalam mengikuti tahapan-tahapan yang ditetapkan oleh metode tersebut.

 “There is no end to education. It is not that you read a book, pass an examination, and finish with education. The whole of life, from the moment you are born to the moment you die, is a process of learning.”

Alamat Kami:

Jl. Karang Gayam, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

©2019. Prodi PAI STIT Madani. All Rights Reserved.